Kumpulan Kesalahan Dasar Pada Komputer Dan Cara Fixnya

Kumpulan Kesalahan Dasar Pada Komputer Dan Cara Fixnya

Kesalahan dasar pada komputer atau yang sering disebut troubleshooting komputer adalah adanya suatu masalah atau ketidak normalan pada komputer. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 yaitu:
troubleshooting hardware dan troubleshooting software.

Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain. Meski tidak menutup kemungnkinan juga gejala-gejala lambatnya komputer terjadi tidak hanya pada software tetapi juga troubleshooting hardware.

Cara mengatasi kesalahan dasar atau troubleshooting standard pada komputer bisa dikatakan pertolongan pertama pada komputer yang sedang bermasalah,Berikut ini beberapa kesalahan dasar yang umum terjadi pada komputer serta cara identifikasi dan penyelesaiannya.

1. Komputer tidak mau menyala
Cara mengatasinya :
  • Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada pc)
  • Cek apakah stabilizer berfungsi atau tidak
  • Cek kabel power pada CPU
  • Jika tidak juga mau hidup kemungkinan kerusakan ada pada power supply atau MB
2. Kompuer Menyala tetapi tidak ada tampilan di layar
Hal yang satu ini sering terjadi ternyata permasalahannya hanya sepele, bisa jadi dari kabel power/kabel data vga dari cpu yang kurang terpasang dengan sempurna, bisa juga karena memori kendor atau kotor kaki - kaki nya (yang terbuat dari kuningan ) atau memori mati.
Cara mengatasinya :
  • Lepas lalu pasang kembali pada motherboard
  • Bersihkan slot memori menggunakan kuas
  • Bersihkan kaki kaki memori dengan kertas yang dilipat ataupun penghapus
  • Coba ganti dengan yang lain
3. Komputer mengeluarkan bunyi beep 3x pendek/cepat
Namun power hidup tetapi tidak ada tampilan itu merupakan kerusakan pada VGA Card nya, bisa jadi kendor atau kotoy.
Cara mengatasinya :
  • Lepas lalu pasang kembali
  • Bersihkan slot VGA menggunakan kuas
  • Ganti dengan yang lain
4. Komputer berbunyi beep terus menerus sebelum kita matikan
Kerusakan pada memori card / ram.

5. Pada motnitor berisikan tulisan DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER :
Kerusakan pada hardisk anda atau system yang ada di hardisk hilang atau rusak.
Cara mengatasinya :
Pastikan hardisk terdeteksi pada BIOS komputer caranya dengan memperhatikan tampilan awal apakah ada IDE / SATA hardisk terdeteksi pada tampilan POST atau masuk menu BIOS pada saat awal menyala lalu lihat di standard setting apakah hardisk terdeteksi atau tidak. Jika muncul berarti hardisk bagus hanya saja partisinya atau systemnya hilang lakukanlah install ulang system operasi. Jika tidak muncul berarti hardisk mengalami kerusakan maka harus diganti dengan yang baru.

6. Komputer tiba tiba tidak bisa membaca flashdisk
Masalah kebanyakan pada powersupply komputer yang sudah lemah, karena flashdisk menggunakan listrik tegangan rendah, jika powernya kurang maka berdampak pada pembacaan data yang ada di flashdisk.
Cara mengatasinya :
Ganti powersupplynya atau coba colokan flashdisk pada bagian belakang yang langsung terhubung ke motherboard, bila terdeteksi kerusakan bisa terjadi pada port usb depan Usu port komputer kita.

7. DVD/CD rom sulit terbuka/terkunci
Masalahnya karena DVD rom jarang digunakan atau sudah melewati lifetimenya sehingga karet penggerak dari motor ke roda gigi mengendor sehingga pada saat motor bergerak membuka pintu dvd/cd rom terjadi slip sehingga pintu sulit terbuka.
Cara mengatasinya :
Ambil sebuah paperclip luruskan kemudian tusuk pada bagian pintu cd rom yang ada lubang kecilnya, dorong hingga pintu berhasil terbuka.


Kumpulan Kesalahan Dasar Pada Komputer Dan Cara Fixnya Kumpulan Kesalahan Dasar Pada Komputer Dan Cara Fixnya Reviewed by kilhem on 8/27/2018 04:47:00 pm Rating: 5

1 comment:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.