Cara Install Node.js Dan Npm Di Windows

Cara Install Node.js Dan Npm Di Windows

Bagidikit - Javascript sangat berkembang dengan cepat dengan kemampuannya dalam mengelola sebuah halaman website. Javacript menjadi skill wajib bagi seorang Front-End developer untuk mengembangkan interface sebuah website, contohnya menambahkan interactivity ataupun penggunaan ajax. Javascript sekarang juga banyak dilirik oleh para pengembang Back-End developer karena kemampuannya mengolah data secara efisien dan cepat.

Bahkan jika kalian fokus hanya dengan bahasa pemrograman javascript saja tidak memungkinkan kalian tidak dapat membuat aplikasi. dengan javascript saja kalian dapat menjadi full-stack developer sebuah website. Nah kunci dari server-side javascript ini adalah node.js Chrome version 8 yang memungkinkan javascript berjalan pada server-side.

Persyaratan

Node ini bukanlah aplikasi seperti word ataupun photoshop yang sudah tersedia tools untuk digunakan dengan di klik atupun dengan short-cut, didalam node kalian harus memberikan perintah dengan mengetikannya langsung, jadi kalian harus terbiasa dengan CMD.

Instalasi :


  1. Download windows installernya dari web resmin nya node.js,
  2. Jalankan instalasi hasil download tadi,
  3. Ikuti tahap penginstalan
    Ikuti tahap penginstalan
  4. Kemudian setelah berhasil terinstall restart komputer kalian.

Test 

  • Test Node : Buka CMD kemudian ketikan verintah node -v jika keluar node js dengan nomor versinya berarti node sudah terinstall
  • Text Npm : Buka CMD dan ketikan perintah npm -v

Uinstall

Untuk menguinstall sama seperti program program windows lainnya kalian masuk saja ke controll panel dan cari uinstall feature kemudian cari aplikasi node.js nya dan uinstall seperti biasa.

Cara Install Node.js Dan Npm Di Windows Cara Install Node.js Dan Npm Di Windows Reviewed by kilhem on 8/26/2018 07:41:00 am Rating: 5

No comments:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.