Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri 2018

Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri 2018

Website merupakan sebuah halaman di internet yang bisa dilihat oleh berbagai orang didunia. Websitepun terbagi kedalam berbagai macam jenis website mulai dari website pribadi, jual beli online, perusahaan, atau mungkin ada sebagian orang yang menjadikan membuat website sebagai hobinya. Nah pada artikel ini saya akan memberikan bagaimana cara membuat website 2018.

Pertama Jika kalian sudah mengerti HTML, CSS, Javascript mungkin kalian bisa dengan mudah membuat website, Namun disini saya akan membahas membuat website untuk orang yang tidak memahami pemrograman.

Baiklah dalam artikel ini saya akan memberikan 3 poin utama dalam pembuatan sebuah website :

  • Pilih platform untuk membuat website
  • Memilih domain dan hosting
  • Mengedit, merawat website
Baik jadi saya hanya akan memberikan 3 poin utama saja dalam pembuatan sebuah website, mari kita bahas satu persatu :

Pilih platform untuk pembuatan website


Jadi langkah awal yang harus kita lakukan adalah pilihlah salah satu platform untuk pembuatan website kita, dengan menggunakan jasa platform ini atau CMS kita dapat membangun website dengan cepat dan mobile frienly.

Apa itu CMS ?

Jadi dari sejarahnya dahulu orang membuat website itu sangat kesulitan, dahulu kita harus memahami ini dan itulah, nah untuk mengatasi itu dibuatlah CMS ( Content Management System ) contohnya Wordpress, Blogger, Joomla dll.

Baik kita lihat data CMS terpopuler pada tahun 2018

data CMS terpopuler pada tahun 2018
Bisa dilihat CMS yang paling banyak digunakan pada tahun 2018 ini adalah WordPress, jadi pada artikel ini saya akan rekomendasikan kalian membuat nya menggunakan WordPress.



Mengapa saya rekomdasikan wordpress ?


disini saya bukan berarti mengiklan kannya tetapi memang wordpress ini bukan hanya cocok untuk pemula saja tetapi banyak juga yang sudah mahir membuat website mereka juga menggunakan CMS WordPress.

1. WordPress Dibandingkan dengan belajar HTML & CSS

Mempelajari HTML & CSS tidak membutuhkan waktu satu bulan dua bulan untuk menguasainya minimal kalian tekuni selama 4 bulan atau lebih, tentu sangat lama sekali kita untuk membuat website. Nah dengan WordPress ini kalian dapat membuat website paling cepat sehari atau dua hari tergantung kalian menekuninya.

2. WordPress dibandingkan dengan Website Builder

Pembuatan website yang cukup lumayan mahal, tentulah untuk kita yang masih dalam tahap belajar pasti akan ragu ragu untuk mengeluarkan uang dalam hal tersebut, selagi ada yang menyediakan gratis dan bagus bisa untuk kita pelajari.

3. WordPress dibandingkan dengan Joomla / Drupal

Drupal merupakan platform yang terkenal dikalangan para pengembang website dan web coder, namun sayang menurut saya Drupal ini tidak cocok bagi para pemula.

Memilih Domain dan Hosting


Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu domain dan hosting kalian dapat membaca artikel saya berikut ini

Baca Juga : Perbedaan Hosting dan Domain

Namun singkatnya adalah :

  • Domain : merupakan nama website kalian contoh www.bagidikit.com
  • Hosing : adalah tempat kalian menyimpan website kalian.

Platform WordPress sendiri tersedia secara gratis, namun jika kalian ingin mendapatkan domain yang sedikit berkelas maka kalian setidaknya harus mengeluarkan uang. Tetapi jika untuk tahap belajar ya cobalah dulu yang gratisan.

Dimana saya mendapatkan domain dan hosting gratis ?

Sebagian besar untuk pemula saya rekomendasikan www.000webhost.com sebagai tempat hosting dan membuat domain.

baiklah apakah sekarang kalian sudah siap hosting dan membuat domain ?

Pergilah ke www.000webhost.com

Kunjungilah situs 000webhost dan daftarlah terlebih dahulu lalu cari tombol tambah seperti berikut:

tampilan 000webhost

Setelah kalian klik gambar tambah maka akan muncul jendela baru dan isikan nama yang nantinya akan dijadikan domain kalian. Jika prosesnya agak sedikit lama ya itu wajar karena kita memilih paket yang gratis.

lalu cari build website dan scroll kebawah maka kalian akan melihat seperti berikut

Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri 2018

pilihlah yang wordpress dan nanti akan muncul proses seperti berikut

cara membuat website dengan wordpress 2018

Sabar saja jika prosesnya sedikit lama. Setelah selesai akan muncul tombol go to configurate dan klik tombol tersebut. Maka kalian akan di arahkan ke sebuah halaman login baru, masukan email dan password yang telah kalian buat sebelumnya.

nah selamat sampai disini kalian telah memiliki hosting dan domain secara gratis. untuk belajar mah kita nyari yang gratisan dulu aja. Mari kita lanjutkan.

Mengedit dan merawat website

Baik pada bagian inilah kita mulai merancang website kita mulai dari tema, menu, konten dll. pada bagian inilah kita membangun website kita.

Merubah tema website

mengganti tem wordpress 2018

pasanglah tema sesuai dengan kebutuhan kalian, kalian juga bisa mendownload tema tema untuk wordpress ini dan memasangnya. Tema tema bawaan ini pastinya sangat membosankan bukan ? setidaknya kalian ingin website kalian terlihat profesional sepertti ini :

template wordpress gratis 2018

Untuk itu carilah di internet tema tema yang tidak terlihat membosankan carilah tema yang terlihat profesional. Banyak di internet orang orang yang membagikan tema tema WordPress secara gratis dan ada juga yang berbayar.

Dan jika kalian ingin menerapkan tema hasil download kalian maka tersedia tombol upload tema di pojok kiri atas lalu uploadlah file tema kalian dan selesai.

Membuat menu baru pada wordpress

Pergilah ke Appearance -> Menus _> Dan isiskan form name menu lalu setelah itu pasang menunya pada website kalian

menu pada wordpress


Mungkin untuk selanjutnya bisa klaian ulik sendiri . Demikian dahulu artikel ini namun nanti saya akan update lagi artikel nya.
Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri 2018 Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri 2018 Reviewed by kilhem on 6/02/2018 10:55:00 pm Rating: 5

No comments:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.