Pengertian dari MVC ( Model View Controller )

Pengertian dari MVC ( Model View Controller )

Haii sudah pernah dengar MVC ?

Teman teman yang suka dengan dunia programing yang suka pake framework pasti sudah tahu lah tentang MVC ini. Namun mungkin juga ada sebagian programer pemula yang belum mengetahui apa itu MVC.


Apa sih MVC itu ?


MVC merupakan kependekan dari Model View Controller, MVC adalah sebuah konsep dimana konsep ini memisahkan antara :

  • Model : Model ini berperan dalam pengolahan database, sepert Create, Update, Delete. Semua yang berhubungan dengan database ada disimpan pada model ini,
  • View : View ini merupakan tampilan yang dapat dilihat oleh user,
  • Controller : Nah Controller ini yang mengatur request User, sebagai contoh jika user ingin pergi dari halaman index ke halaman kontak misalnya, maka controller ini akan mengarahkannya pada halaman yang di request oleh user tersebut.
Nah konsep MVC ini sangat memudahkan sekali dan membuat kodingan kalian menjadi lebih rapi, Tidak ada lagi campur campur antara view dan model yang sering terjadi ketika membangun website dinamis.

Kalian bisa lihat dari framework PHP seperti Codeigniter yang menerapkan konsep MVC ini. Jika kalian masih bingung kalian bisa mencobanyanya, kalian juga dapat mendownload framework codeigniter nya di website resmi mereka.

Dengan konsep MVC ini akan memudahkan sekali dalam pembuatan aplikasi. Silahkan kalian cari referensi lagi untuk menambah wawasan mengenai MVC.

Bagaimana tertarik mempelajari MVC ?
Pengertian dari MVC ( Model View Controller ) Pengertian dari MVC ( Model View Controller ) Reviewed by kilhem on 5/28/2018 05:01:00 pm Rating: 5

No comments:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.