Cara Mempercepat Windows Menggunakan USB

Cara Mempercepat Windows Menggunakan USB

Microsoft pertama kali memperkenalkan sebuah fungsi untuk menggunakan USB atau kartu SD sebagai cache memori di windows vista yang dikenal sebagai fitur ReadyBoost. Fitur ini juga telah diwariskan ke generasi windows berikutnya yaitu windows 7 dan versi terbaru windows.

Apa Itu ReadyBoost Di Windows ?


ReadyBoost adalah sebuah fitur yang ada di windows yang dapat meningkatkan kecepatan windows dengan menaruh file aplikasi dan cache aplikasi pada USB kalian. Cache disk ini bermanfaat jika sistem menjalankan hard drive yang lambat. ReadyBoost bekerja melalui USB, kartu SD dan kartu CF.

Meskipun meningkatkan kinerja windows, namun tidak dapat memberikan kinerja yang cukup besar pada hardware yang baru. Jadi jika kalian masih menggunakan hardware lama, kalian bisa menggunakan fitur ReadyBoost.

Kenapa ReadyBoost ? Untuk Membantu Chip RAM


ReadyBoost dimaksudkan untuk membantu menambah RAM dalam kasus hard drive yang lambat, hampir dari satu dekade setelah fitur ini diluncurkan, drive USB berbasis penyimpanan flash dapat menawarkan alternatif yang lebih cepat untuk membantu kinerja RAM.

Bagaimana ReadyBoost Bekerja ?


ReadyBoost adalah sebuah fitur dari windows yang dapat memungkinkan sistem untuk menyimpan data yang diperlukan melalui media eksternal untuk beberapa waktu. Keuntungan dari fitur ini adalah mempercepat kinerja windows dengan management data cache yang disebut SuperFetch.

SuperFetch ini akan menganalisis sistem kalian dengan algoritmanya, fitur ini sangat cocok bagi anda yang memiliki RAM yang tidak terlalu besar.


Bagaimana Menggunakan Fitur ReadyBoost di Windows 10 ?

Fitur ReadyBoost ini juga dapat kalian rasakan pada sistem operasi windows 10, Nahh sekarang saya akan berikan langkah langkah nya :

  1. Konekan USB Drive kalian pada PC kalian
  2. Masuk ke My Computer
  3. Klik kanan pada USB kalian dan pilih properties
  4. Kalian akan menemukan ReadyBoost tab, kalian bisa menalokasikan ruang untuk digunakan
  5. Pilih Dedicate this device to ReadyBoost, jika kalian tidak akan menggunakan USB untuk keperluan lain.
  6. Klik Ok, dan selesai.

Jadi itulah cara mempercepat kinerja windows kalian dengan hanya menggunakan USB drive saja, kalian bisa mencobanya sendiri untuk eksperimen dengan komputer kalian.



Bagaimana Untuk Berhenti Menggunakan ReadyBoost ?


Sebenarnya fitur ReadyBoost ini memiliki banyak manfaat, tetapi jika kalian memiliki PC yang sudah spek tinggi ya mungkin cara ini tidak cocok digunakan, atau mungkin kalian ingin menggunakan USB kalian lagi untuk menyimpan data seperti biasa.

Cara menonaktifkannya adalah :
  1. Klik kanan pada USB drive, dan pilih properties,
  2. Pilih Do not use this device,
  3. Klik Ok, selesai.

Cara Mempercepat Windows Menggunakan USB Cara Mempercepat Windows Menggunakan USB Reviewed by kilhem on 5/20/2018 04:52:00 pm Rating: 5

No comments:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.