Cara merubah tampilan dan mengubah warna sederhana blog jadi semakin keren

kali ini saya akan sedikit share cara membuat tampilan blog kalian, metode ini adalah yang sering saya gunakan dalam mengidit tampilan website saya, saya sebut saja metode ini adalah dengan cara impect element, sebenarnya dengan metode ini juga kalian bisa mengedit javascript nya, ya cuma saya masih kurang paham kalo javascript.



ya mungkin saya akan mulai dengan bagaimana caranya merubah warna baik itu background, navigasi, pokoknya semua warna bisa di ubah sesuai dengan keinginan kita.

  • Pertama Kalian buka blog tercinta kalian masing maisng, lalu cari warna apa yang akan kalian ubah, Misalkan saya akan merubah warna footer saya, 
  • Arahkan kursor ke bagian yang ingin dirubah warnanya,
  • Lalu klik kanan dan pilih impect element, Kurang lebih nanti akan seperti di bawah ini :

Kita pelajari sedikit, bagian yang kita pilih tadi akan ngeblur itu artinya blok tersebut di bungkus dengan sebuah tag html yaitutag
dan di akhiri
Coba kita lihat
ada sebuah kode
...
, adalah tag yang membungkus bagian dari footer kita atau bagian yang ada di paling bawah blog, kenapa footer? karena tadi saya mengarahkan kursornya kebagian footer, yuk kita lanjut
  • Tadi itu bagian HTML nya ya sekarang kita lihat bagian CSS nya :
Inilah kode CSS nya, atau kode tampilan nya kita bisa lihat di sana ada overflow, background, padding, margin. di sini saya tidak akan menjelaskan nya satu satu karena bakalan panjang, silahkan kalian yang ingin tahu browsing aja ke google, nah kita akan fokus ke background : #2D74A2, ya kita tahu background adalah bagian belakang dan di isi dengan kode hexa : #2D74A2.
  • Coba kalian klik kode warna nya lalu hapus dan rubah kode warnanya, misalkan ganti dengan hijau, cukup tuliskan saja green lalu enter.
Warna nya berubah kan ? inilah yang akan kita manfaatkan. tapi ini belum selesai, Saran saja dari saya jangan kalian menggunakan warna yang cerah cerah seperti hijau di atas, karena akan cepat melelahkan mata, kalian bisa melihat kode kode warna soft di internet.

  • Selanjutnua coba kita lihat di bagian css, saya kasih tanda box merah perhatikan
(index): 369 merupakan lokasi code css tersebut berada.
  • Selanjutnya klik (index):369 tersebut, maka akan menghasilkan seperti berikut

  • kopikan kode yang ada di baris 369
  • Setlah kode sudah tercopy, kalian masuk ke blog -> tema -> edit html
  • setelah edit html muncul kalian tekan CTRL+F maka akan menampilkan box pencarian kode, pastekan kode yang tadi kita copy lalu enter.
Nah tuh kode nya ketemu yang berstabilo kuning, 
  • Setelah itu kita kan akan mengubah background nya, ubah saja kode warnanya di situ kode warna saya #2D74A2; (ada titik komanya di akhir) coba ganti dengan green;(titik koma)
  • Setelah itu save / simpan tema
  • Buka blog nya dan jengs jeng berubah gak?
Kalo masih bingung tanya saja di komentar.
Artikel ini masih proses dalam pengkajian kembali jadi kalo ada salah, silahkan lapor saja di komen.
Cara merubah tampilan dan mengubah warna sederhana blog jadi semakin keren Cara merubah tampilan dan mengubah warna sederhana blog jadi semakin keren Reviewed by kilhem on 12/13/2017 09:41:00 pm Rating: 5

No comments:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.