Tips Belajar Ngoding Dengan Cepat


Hii teman teman, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana sih belajar ngoding dengan cepat. Tentunya pada artikel ini saya akan memberikan saran hal hal yang harus kalian lakukan dan hal hal yang harus kalian hindari.

Apa Sih Ngoding ?
Ngoding adalah sebuah pekerjaan menulis kode untuk membuat sebuah program.

Lalu Apa Susah Nya Ngoding ?
Eitsss, walaupun pekerjaannya hanya menulis sebuah kode, tetapi sebenarnya dalam otaknya memikirkan sebuah masalah yang harus diselesaikan agar program yang kita buat berjalan dengan baik.

Dizaman yang canggih ini banyak sekali orang memulai mempelajari ngoding, bahkan mungkin ada yang meninggalkan pelajaran umum nya hanya untuk belajar ngoding. Karena peluang menjadi seorang programer itu memang pekerjaan yang menjanjikan.

Memang di internet juga sudah banyak orang share tutorial untuk dipelajari. Makin banyak sumber untuk belajar meamng baik, tetapi juga akan menjadikan sebuah masalah.

Harus dari manakah saya memulai belajar ngoding ?

Apa yang harus saya pelajari ?

Bagaimana caranya saya supaya cepat bisa ?

Ya mungkin pada artikel ini akan menjawab pertanyaan di atas.

Buat tujuandan niat yang jelas anda belajar ngoding

Pertama yang harus harus kalian lakukan adalah buatlah tujuan anda belajar ngoding, semisalkan anda ingin membuat website, anda ingin membuat aplikasi android, atau mungkin kalian ingin mendalami mengenai hacker. Yang terpenting adalah buat tujuan anda secara jelas telebih dahulu, jika kalian sudah menemukannya maka tinggal turunkan ilmu apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi seorang pembuat website atau website development.

Sebagai contoh : Kalian ingin membuat sebuah website yang statis, maka apa saja yang harus dipelajari, kalian harus paham tentang HTML dan CSS sebagai dasar nya, jika ingin lebih menarik lagi kalian bisa menambahkan Javascript. Maka fokuslah pada tujuan belajar kita yaitu HTML dan CSS, pelajarilah sampai kalian dapat membuat website statis.

Buatlah target setelah kalian dapat menguasainya. Misalkan dalam 2 bulan saya akan membangun sebuah website mengenai profile saya.

Bagaimana cari terbaik untuk belajar ngoding ?

Sebetulnya cara terbaik mempelajari ngoding ada pada diri kalian sendiri, belajar itu harus sesuai dengan hati kita, jika hati kita tidak menyukainya maka apa yang dipelajari pun tidak akan masuk. Sebagai contoh saja ada orang yang suka belajarnya melalui metode vidio di youtube, maka itulah cara terbaiknya dalam mempelajarinya, ada juga yang senang dari ebook karena lengkap pembahasannya maka belajarlah dari itu.

Dan jangan hanya menonton dan membacanya saja, harus kalian praktikan juga karena percuma jika kalian hanya menonton dan membacanya saja ilmu nya hanya akan bertahan sesaat saja.

Baca Juga : Text Editor Untuk Pemula

Kerjakan Sampai Selesai

Ketika kalian mendapat masalah dalam belajar kalian, maka cari solusinya bisa menanyakan kepada teman, guru, ataupun melalui internet, jangan kalian tinggalkan masalah tersebut dan membangun yang lain lagi, karena jika kalian mendapat masalah dan dapat menyelesaikannya, maka jika kalian mendapat masalah yang sepeti itu lagi kalian akan dengan mudah mengatasinya.

Konsisten

Lebih baik kalian belajar selama 10 menit sehari dibandingkan kalian belajar selam 4 jam setiap minggu. Konsisten akan membantu anda mempertahankan informasi yang telah kalian dapatkan. Dan jika kalian belajar terlalu lama juga tidak baik karena otak yang tidak terbiasa dengan hal itu akan melemah, jadi lebih baik biasakan konsisten.

Jangan Berfikir Sudah Mahir

Ketika kalian anggap bahwa diri kalian sudah mahir dengan hal itu maka kalian akan meremehkan hal lain, dan tidak akan mempelajari nya lagi. Inilah kesalahan fatal, teruslah belajar masih banyak hal hal yang dapat digali. Terkadang juga ketika kalian pikir bahwa diri kalian sudah mahir maka kalian akan melupakan hal hal kecil.

Jadikan error adalah teman kalian

Jangan sedih melihat kode kalian error, jangan frustasi melihat kode kalian error. Jadikanlah error itu sahabat kalian. Tentunya jika sahabat kalian mengalami kesusahan harus kita bantu, begitu juga dengan error ini namun bedanya error ini sejenis makhluk apa :D sekali lagi jangan menjadikan error itu sebagai beban, kita harus yakin akan mendapatkan solusinya.

Dukung dengan Do'a

Setelah usaha yang kita lakukan sudah maksimal jangan lupa untuk berdoa karena yang berhak menentukan adalah Tuhan.


Sebagai penutup mungkin ada orang yang bisa belajar ngoding dengan cepat dan ada juga yang lambat, tetapi jika kalian praktikan hal hal di atas kalian juga pasti akan bisa. Apapun yang kalian pelajari kalian harus yakin dan terus berusaha untuk mencapainya.
Tips Belajar Ngoding Dengan Cepat Tips Belajar Ngoding Dengan Cepat Reviewed by kilhem on 5/10/2018 09:29:00 am Rating: 5

No comments:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.