7 Hal Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat


Sering lupa pelajaran yang sudah dihafalkan? kadang kadang suka kesel semaleman menghafal tapi ketika akan ujian hafalan kita seketika lupa dengan sekejap. Oleh karena itu, anda harus mencari cara meningkatkan kemampuan otak untuk menciptakan daya ingat yang kuat. Unsur ini ( daya ingat kuat ) sangat dibutuhkan, terutama  dalam jika posisi anda adalah seorang pelajar.

Ada banyak cara untuk meningkatkan daya ingat. Perhatikan beberapa diantaranya :

#1. Berfikir

Jika mengingat suatu hal, tetapi tidak kunjung muncul di kepala, tentulah sangat kesal, sehingga ketika kesal kalian malah gak mood untuk belajar. Jika mengalami hal tersebut, anda jangan terburu buru panik. coba tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal hal yang ringan dan menyegarkan,seperti buah buahan, berenang di kolam yang jernih dll, aktifitas itu akan membuat anda lebih cepat mengingat hal yang penting.

#2. Senam otak

Semakin bertambah nya umur maka daya ingat otak pun akan semakin berkurang, seiring bertambahnya umur biasanya mereka akan akan semakin pelupa. Namun, hal ini juga dapat menimpa kaum muda. masalah ini dapat dikurangi dengan senam otak.

#3. Makanan nutrisi otak

Bukan hanya minyak ikan yang dapat mempertajam daya ingat, tetapi juga bahan makanan berwarna merah dan ungu, seperti bluebery, buah bit, dan bawang merah. bahan makanan kaya asam folat, seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak.

#4. Permainan asah otak

Kebiasaan mengisi teka teki silang yang tersedia di koran atau memainkan sodoku di telepon genggam bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat otak, bermain catur juga merupakan permainan untuk mengasah otak.

#5. Tidur dalam waktu cukup

Tidur dibutuhkan agar sel tubuh dapat beristirahat dan melakukan regenerasi, termasuk sel otak. Oleh karena itu, usahakan agar anda membangun kerja sama positif antara fisik dan mental agar tercipta tidur yang sehat dan berkualitas.

#6. Minum air putih

Tubuh manusia itu dominan terdiri dari air, fakta menunjukan bahwa seluruh fungsi organ tubuh akan berjalan dengan baik ketika mendapat asuppan air yang cukup, tak terkecuali otak. Oleh karena itu, anda perlu membiasakan mengkonsumsi 6-8 gelas air putih setiap hari.

#7. Melakukan kegiatan santai

Tekanan atau stress membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. dalam kondisi demikian, beristirahatlah sejenak sambil melakukan aktifitas santai, seperti membaca buku atau bermain game online untuk memulihkan kerja otak. Penurun daya ingat juga bisa disebabkan oleh bayak faktor misalnya benturan, anemia ( kekurangansel darah merah), insomnia (susah tidur), kekurangan zat gizi tertentu, tumor,dan sebagainya. 


Hal hal sederhana di atas tersebut memang terlihat mudah namun sulit untuk di biasakan, untuk itu marilah membiasakan hal hal sederhana tersebut supaya otak kita dapat berjalan dengan baik.

tags : cara memperkuat ingatan, cara agar tidak mudah lupa, meningkatkan kecerdasan
7 Hal Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat 7 Hal Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Reviewed by kilhem on 1/20/2018 01:52:00 pm Rating: 5

No comments:

Jangan malu untuk berkomentar

Powered by Blogger.